Selasa, 15 Juli 2014

Apakah Air Harus Mendidih untuk Menguap

Kita pasti sudah mengetahui sifat-sifat fisik air. Kamu gak tau?? Kebangeten
Ini buat yang gak tau..
Sedikit dari sifat-sifat fisik air:
- Menguap jika dipanaskan
- Membeku saat didinginkan
- Titik didihnya 100 derajat Celcius
Nah yang akan dibahas kali ini adalah "Apakah Air Harus Mendidih untuk Menguap"

Mari kita simak postingan kali ini



Seperti pada gambar air menguap saat mendidih. Tapi apakah harus mendidih dulu?
Jawabannya adalah TIDAK. Kenapa??

Pernahkah kalian mengamati pakaian yang dijemur atau rambut yang basah??
Apakah air pada pakaian yang dijemur harus mendidih dulu? Begitu juga pada air pada rambut?
Kan tidak. Kalau harus mendidih dulu mah susah mengeringkannya. Coba bayangkan kepalamu harus dipanasi sampai 100 derajat. pasti kepanasan lah..
Nah, terbukti bahwa air tidak harus mendidih pada saat menguap..
Loh kok bisa gitu??

Air mempunyai sifat saling tarik-menarik antar sesamanya. Gaya tarik-menarik tersebut disebut gaya kohesi. Jika ada air yang ditempatkan pada suatu wadah seperti ini
Maka molekul air akan tarik-menarik dengan atas, bawah, kanan, dan kirinya. Kecuali molekul air yang ada pada permukaan. Dia tidak tarik-menarik dengan atasnya. Karena memang tidak ada molekul air diatasnya. Namanya juga permukaan. Sehingga gaya kohesinya lebih kecil.

Secara umum suhu udara itu lebih tinggi daripada air. Mengapa?
Karena massa jenis air lebih besar(kecuali air yang sengaja dipanaskan). Ingat rumus Q=m.c.ΔT. Q menyimbolkan energi, m menyimbolkan massa, ΔT melambangkan perubahan suhu. energi berbanding lurus dengan massa jenis. Artinya disaat kita ingin meningkatkan suhu zat yang massa jenisnya besar membutuhkan energi yang besar pula. Massa jenis air lebih besar daripada udara. Maka dibutuhkan lebih banyak energi untuk menaikkan suhu air. Oleh karena itu disaat diberi energi yang sama suhu udara lebih tinggi dibanding air.

Untuk mencapai kesetimbangan maka energi pada udara akan diserap oleh molekul air yang ada pada permukaan sehingga molekul air akan bergerak semakin cepat. Perlu diingat bahwa gaya tarik-menarik antar molekul pada permukaan air lebih kecil. Karena molekul air bergerak cepat, dia terlepas dari tarikan molekul yang ada dibawahnya. Dan itulah yang disebut menguap..

Penguapan ini hanya terjadi pada permukaan bukan di keseluruhan air. Karena molekul yang didalam air tidak cukup energi untuk melepaskan diri dari tarikan molekul lain.

Sekian postingan kali ini..
Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar