Kamis, 05 Juni 2014

Bintang Jatuh



Kamu tahu apa itu bintang?
Bintang adalah benda langit yang bisa memancarkan cahaya. Sebenarnya ada juga sih yang memancarkan cahaya tapi tidak disebut bintang seperti komet dan meteor. Bintang ada dua yaitu bintang semu dan bintang nyata. Bintang semu adalah bintang yang tidak bisa memancarkan cahaya sendiri namun hanya memantulkan. Sedangkan bintang nyata adalah bintang yang bisa memancarkan cahaya sendiri.

Pada siang hari bintang-bintang tidak ada yang terlihat kecuali matahari. hahaha..
Mengapa bisa begitu?
Yaaa.... dipikir sendiri..
Haha.. bercanda..

Pada siang hari cahaya bintang-bintang kalah dengan cahaya matahari. Matahari adalah bintang yang besar dan terdekat dengan bumi. eh, sebenarnya deket bintang kejora sih. Tapi bintang kejora itu kan bintang semu.

Tahu bintang kejora itu sebenarnya adalah planet? Iya, sebenarnya itu adalah planet venus. Kalian nggak tau kan bintang kejora. haha.. gue beritahu teknik melihat bintang itu. Saat maghrib tiba pada awal Juli ini tengoklah langit barat. Walaupun langit belum terlalu gelap, sebuah bintang cemerlang tampak cukup tinggi di langit. Awan tipis musim kemarau saat itu tak mampu membendung sinarnya. Itulah bintang kejora dan saat itu disebut bintang barat. Bila muncul saat shubuh di langit timur bintang cemerlang itu disebut bintang timur. Bintang kejora ada lagunya lo.
Kalian gak tau? gini lagunya.."
"Kupandang langit penuh bintang bertaburan.."
"Tampak sebuah lebih terang cahayanya.."
"Itulah bintangku.. bintang kejora.."
"Yang indah selalu.."

Eh, ini judulnya bintang jatuh kenapa bicarain bintang kejora.
Jadi bintang jatuh itu sebenarnya meteor. Proses terjadinya itu agak menjengkelkan. Soalnya sebutannya hampir sama setiap prosesnya. Jadi susah kalau mau ujian. haha, tau kan..
Pertamanya asteroid keluar lintasan dari garis edarnya akibat gravitasi bumi namanya meteorid.
Lalu, meteorid itu bergesekan dengan atmosfer bumi lalu terbakar. Nah itu namanya meteor atau dianggap bintang jatuh.
Kalau meteor tidak habis terbakar dan jatuh sampai ke permukaan bumi itu namanya meteorit. lo, ya kan hampir mirip-mirip..

Sebenarnya banyak sebutan-sebutan yang tidak kita ketahui apa yang dimaksud. Kayak anak kecil, ketika tahu sebutan bintang jatuh maka dia akan mengira itu adalah bintang yang jatuh. Maka dari itu jangan hanya melihat sebutan atau tulisannya. Cari tahu apa yang dimaksud dari itu..

Semoga bermanfaat..
Wassalamualaikum..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar